Ikan Barbir Si Gesit Dan Lincah…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Jika anda suka ikan yang aktif dan lincah, serta dapat dicampur dengan jenis ikan yang lain didalam aquarium secara bersamaan, mungkin ikan ini bisa menjadi salah satu pilihan anda ūüôā

Ikan Barbir adalah berasal dari keluarga barb. Banya sekali jenis-jenisnya. Diantaranya red rossy barb, barbir slayer, dan barbir-barbir lainnya. Diantara semua jenis ikan barbir biasanya memiliki bentuk badan yang mirip-mirip antara yang satu dengan yang lainnya. Namun memiliki warna yang berbeda-beda brosis.

image

Ikan barbir sangat lincah dan aktif didalam aquarium. Dipelihara dalam jumlah yang banyak maupun sedikit, ikan ini tetap terlihat bagus didalam aquarium. Ikan barbir biasanya berwarna kuning di sekujur tubuhnya dan memiliki bintik hit didekat pangkal ekornya. Ada juga red rossy barbir yang berwarna lebih kemerahan dibandingkan dengan barbir biasa. Selain itu juga ada yang namanya barbir slayer, barbir slayer ini memiliki sirip dan ekor yang lebih panjang dari jenis ikan barbir biasa.

Ikan barbir bisa tumbuh hingga mencapai ukuran maksimal sekitar 5-7 cm didalam aquarium. Mungkin bisa lebih besar lagi, namun ukuran yang lebih dari 7cm sudah sangat jarang ditemui (biasanya keburu mati duluan) :mrgreen:

image

Ikan barbir bisa dicampur dengan ikan lain seperti ikan sumatra, ikan black ghost, ikan rainbow dan beberapa jenis lainnya yang berukuran seimbang. Makanan ikan ini bisa berupa pellet yang sedikit halus maupun cacing beku atau cacing sutra. Pemeliharaannya tidak terlalu sulit kok.

Untuk harga di pasaran, ikan barbir biasa di jual dengan harga Rp. 2000 hingga Rp. 5000 per ekornya tergantung dari ukuran ikan tersebut. Dalam memelihara ikan barbir, anda bisa menghias aquarium anda dengan bebatuan atau kayu bakau.
Ikan ini kurang cocok untuk aquascape karena bisa memakan daun-daun tanaman yang ada didalamnya (aquascape)

image

Ikan barbir juga dapat dipelihara di bak filter kolam anda maupun bersama ikan koi untuk membantu membasmi jentik-jentik nyamuk dan kutu yang menempel di badan ikan koi anda. Namun lebih banyak orang memilih ikan sumatra sebagai ikan yang di percaya bisa membantu memakan kutu ikan koi di dalam kolam. 

Baca juga: Ikan pemakan kutu untuk kolam koi
[display-posts tag=”obat ikan, tips, jenis ikan hias, inspirasi, ikan hias air tawar” post_per_page=”5″]

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson.
Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

10 Comments

  1. Bagus ni ikan kecil… dah miara 5 ekr,,
    Bang Ferboes, klo ikan oscar tu dipelihara di kolam tanpa filter & pompa oksigen bisa bertahan idup g sih?

1 Trackback / Pingback

  1. Ikan Hias Kecil Ini Tetap Terlihat Menarik… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*