Iklan
jump to navigation

Cara Membuat Penangkaran Belut Memakai Aquarium…!!! Januari 30, 2015

Posted by Ferboes in Tips and Trick.
Tags: , , , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Artikel ini sebenarnya tidak sengaja terpikirkan oleh saya, kebetulan saya mendapat permintaan dari salah satu customer saya untuk membuatkan penangkaran untuk belut dari aquarium. Karena saya tidak tahu, maka saya di berikan “coretan” tentang bagaimana bentuk rangkaian aquarium tersebut. Penasaran…??? Lanjut membaca ya….. 😀

image

Aquarium yang dipakai adalah Aquarium Nisso 6M dengan ukuran panjang: 60cm lebar: 30cm dan tinggi: 36cm. Bahan-bahan yang di pakai adalah pipa bening ukuran standart untuk aquarium (saya lupa apa sebutan pipa ini), gergaji besi, cutter, keni L pipa, lem kaca, dan korek api (bila di perlukan)

image

image

image

Cara membuatnya adalah:
Langkah pertama adalah ukur panjang pipa menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Pada bagian bawah, beri jarak sekitar 10cm antara dinding aquarium dengan ujung pipanya. Sedangka pada bagian atas dibuat setinggi aquariumnya. Tentu saja di beri jarak sesuai tinggi pipa + keni L nya ya.

image

Pada bagian keni L pipa aquarium, biasanya ada “tonjolan” pada salah satu bagian keni L, potonglah tonjolan tersebut supaya pipa bisa ditempel dengan sempurna ke bagian kaca aquarium nantinya…

image

Sebelum...

image

Sesudah...

Setelah itu, rangkailah potongan pipa dan keni L tersebut seperti contoh dibawah ini….

image

Setelah rangkaian pipa selesai dirakit, langkah selanjutnya adalah menempelkannya pada aquarium dengan sususan seperti contoh berikut ini….

image

Bada salah satu bagian aquarium (kanan atau kiri) dipasangkan sekat kaca untuk tempat lumpur untuk sang belut. Untuk contoh diatas saya buat dengan tinggi 16cm.

image

Oh ya…. Dalam merakit pipa tersebut jangan lupa memberi jarak “satu pipa” di setiap rakitan pipa tersebut. Di ujung pipa bagian atas nantinya di tutup. Katanya: itu berguna sebagai tempat untuk menaruh telur-telur sang belut nantinya.

image

Bagaimana brosis cara membuat penangkaran belut menggunakan aquarium diatas…??? Mudah sekali bukan….!!!

Jika diantara masbro dan mbaksis ada yang lebih paham dalam hal “penangkaran belut” ini, tolong tambahkan informasi di kolom komentar jika berkenan 🙂

Selamat mencoba dirumah ya….

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson.
Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

Iklan

Komentar»

1. macantua - Januari 30, 2015

unagi versi indonesia??? wkwkwkwkwkwk
http://macantua.com/

Ferboes - Januari 30, 2015

Apa tuh unagi?

macantua - Januari 30, 2015
2. werkudoro - Januari 30, 2015

Repot banget ya. Di pasar 35rebu dapet banyak

Ferboes - Januari 30, 2015

Hahahahaa… 😀

3. Mase - Januari 30, 2015
Ferboes - Januari 30, 2015

Bisa

4. dave - Januari 30, 2015

terus penjelasan nya gmn neh bro?
pipa2 gt buat apaan? ga jelas,, ga ngerti..

Ferboes - Januari 30, 2015

Kurang info bro, baru bisa buatnya

dave - Januari 30, 2015

coba nanti dilanjutkan,,,
maksud nya tabung2 itu buat apa,,
dsb dsb,, buat apa ada pembatas gt..

Ferboes - Januari 30, 2015

Oke siip

5. orong-orong - Januari 30, 2015
Ferboes - Januari 30, 2015

Siipp

6. bikerkampung86 - Januari 30, 2015
Ferboes - Januari 30, 2015

Iya, buat sembunyi, tidur, istirahat, atau nonton youtube 😛

bikerkampung86 - Januari 30, 2015

Wakakakakakakaka……. 😀
Trus klo udh musim pemijahan bijimane????
Itu tabungkan bening ntar ketauan dong
Wakakakakakakak……. 😆

7. nivikoko - Januari 30, 2015

Sejenak berbagi kisah kerasnya hidup …. Sang pejuang Ridwan anak kelas 5SD rela menjual gorengan demi mencukupi kebutuhan keluarganya..

http://nivikoko.com/2015/01/30/kerasnya-hidup-ridwan-siswa-kelas-5-sd-harus-rela-menjadi-penjual-gorengan-kelliling-untuk-menghidupi-keluarganya-guru-teladan-bagi-kita-semua/

8. mas huda - Januari 30, 2015

Kalo di kolam gimana mas?

Ferboes - Januari 30, 2015

Belum tahu aku mas

9. abu.hafsh - Januari 30, 2015

Wah ndak produktif klo di aquarium om, high cost. apalagi belut sukanya di lumpur bukan di air yang bening.. mending bikin bak semen pak, nanti dikasih tanah, pupuk kandang, pelepah pisang..

Ferboes - Januari 30, 2015

Itu yg sekatan sebelahnya untuk lumpurnya masbro, dan ini kata yg pesen untuk belut ukuran kecil, nanti yang besar di pindah ke kolam besar 🙂

10. yoyokefendi1982.wordpress.com - Januari 30, 2015
Ferboes - Januari 30, 2015

Dirumah yang pesan masbro 😀

11. ayu kusumaningrum - Januari 30, 2015

Joss pencerahannya, ane mau menangkar belutnya karyo kambing.

Ferboes - Januari 31, 2015

Hahahahhaaa

12. nlavia - Januari 31, 2015

belut ngelunjak, kenapa gak pake nisso yang 90cm sekalian wkwkwkwkwk

Ferboes - Januari 31, 2015

Hahahahahahaa

13. Pusat Ikan Hias Gedung UKM Johar Baru Jakarta Pusat Sekarang Sudah Rapi… | Ferboes.com - Januari 11, 2016

[…] • Cara membuat air terjun pasir dengan mesin gelembung • Cara membuat undergravel dari pipa • Cara membuat penangkaran belut menggunakan aquarium • Filter canister DIY (hand made) • Cara membuat surface skimmer DIY • Membuat top filter […]

14. jafran - Februari 10, 2017

Saya mau tahu kalo mesen akuariyum yg d atas keman yah

Ferboes - Februari 10, 2017

Telp laris akuarium 0215671025 gan

15. jafran - Februari 10, 2017

itu slang gunanya buat apa kalo ga pake selang bisa

Ferboes - Februari 10, 2017

Itu pipa buat belutnya

jafran - Februari 11, 2017

Tp ko ke atas bang

16. Golan - April 19, 2017

Jual aquarium ukuran 1mx50x45 sama banyak 31 buah.beserta rak besi dan rak kayu. Harga 6 juta nego. Hubungi 0895347980748


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: