DemeRanchu: Jenis Ikan Koki Ini Sangat Asing Sekali

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Saya menemukan hal yang menarik di salah satu postingan teman saya di facebook tentang salah satu jenis ikan koki yang jarang di temui. Jenis ikan koki ini bernama DEMERANCHU. Kenapa di namakan demeranchu…???

Demeranchu diambil dari nama Demekin dan Ranchu. Kedua jenis ikan koki tersebut memiliki bentuk yang berbeda, dimana demekin memiliki mata yang besar (telescope eyes), dorsal, dan ekor yang lebar (ada juga jenis demekin yang memiliki ekor pendek/shorttail). Sedangkan ranchu tidak memiliki mata yang besar, tidak memiliki dorsal, dan ekornya pendek. Kedua jenis ikan koki ini (demekin dan ranchu) tergabung menjadi satu pada jenis DEMERANCHU ini. Dimana ikan koki jenis ini memiliki mata yang besar, tidak memiliki dorsal, dan berekor lebar.

image

Jika dilihat dari atas (perhatikan pics diatas) ikan koki demeranchu terlihat sangat mirip dengan demekin atau butterfly, namun jika dilihat dari samping (side view) terlihat seperti jenis ranchu yang memiliki mata besar dan ekor yang lebar. Sangat menarik…!!!

Terus terang sampai saat ini saya sendiri belum pernah melihat jenis ikan koki ini dengan mata kepala saya :mrgreen:
Baru pertama melihatnya dan kemudian mencoba-coba untuk searching. Dengan bantuan teman-teman di facebook, saya mencari dengan keyword mulai dari “eggfish, eggfish goldfish, dan demeranchu” memang ini sedikit membingungkan. Karena saya masih minim informasi tentang jenis ikan koki yang satu ini.

Nanti kalau sudah mendapatkan informasi tambahan tentang jenis ikan koki demeranchu ini, akqn saya update lagi brosis. Sementara untuk memperkenalkan jenis ikan koki DEMERANCHU dulu ya….

[display-posts tag=”ikan koki, ikan hias, jenis ikan koki, demeranchu, demekin, ranchu” post_per_page=”5″]

Sekian sekilas info, Semoga berguna

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

12 Comments

  1. Saya jadi tertarik miara ikan mbah. Hehehe.
    Khususnya jenis maskoki. Pingin yang murah meriah aja.
    Apa aja sih bahan2 yang diperlukan buat aquarium maskoki? Kalo bisa sih gak usah besar2 aquariumnya. Cuma buat pemula yang iseng2 tapi biasanya ketagihan jadi serius. hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*