Penyebab Powerhead Rusak dan Pencegahannya…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Untuk membantu menjernihkan air di dalam aquari, maka dibutuhkan yang namanya filter air. Dan untuk mensirkulasi air tersebut menggunakan powerhead (pompa air). Terkadang dalam pemakaian jangka panjang, powerhead sering mengalami masalah seperti halnya, macet, berisik, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Dan berikut ini adalah cara penanganannya dan pencegahannya…

Powerhead Mati Mendadak
Apabila powerhead anda tiba-tiba mati, segera cabut colokan dari sumber listrik. Kemudian anda buka dan cek pada bagian impeller (kipas/baling-baling) powerhead tersebut. Jika ada kotoran yang menumpuk, segera bersihkan dan pasang kembali.

Powerhead Suaranya Berisik
Apabila powerhead anda tiba-tiba menimbulkan suara yang berisik tidak seperti biasanya, segera cabut colokan dari sumber listrik. Setelah itu anda lihat dan cek pada bagian impellernya. Cek semua kelengkapan impeller mulai dari topi as, as impeller, dan impellernya. Apakah ada yang rusak atau sudah dalam kondisi yang tidak layak pakai lagi. Jika as impeller patah, anda harus membeli as yang baru. Jangan menggunakan lem karena tidak akan bertahan lama.

image

[display-posts tag=”ikan-hias-air-tawar” post_per_page=”10″]

Powerhead Tenaganya Melemah
Jika powerhead anda tiba-tiba melemah daya tembaknya, biasanya kerusakan terletak pada spull didalamnya. Hal ini biasanya di akibatkan karena “mungkin” pemakaiannya yang sudah cukup lama (+5tahun). Kalau sudah begitu harus ganti powerhead yang baru.

Powerhead Mati Total
Jika powerhead anda tiba-tiba mati dan setelah anda lakukan hal-hal yang sudah saya tuliskan diatas namun masih tetap tidak bisa bekerja, berarti powerhead anda sudah TERBAKAR. Jika hal ini sudah terjadi, maka anda harus menggantinya dengan powerhead yang baru.

Cara Perawatan Powerhead
Untuk menjaga powerhead anda supaya awet, ada beberapa hal yang harus anda lakukan secara perkala. Lakukan pengecekan di bagian input powerhead. Jika ada kotoran yang menyumbat lubang input, segera anda bersihkan.

Bersihkan powerhead anda setiap minimal 1 bulan sekali atau maksimal 3 bulan sekali tergantung tingkat ke-kotoran air didalam aquarium anda.

Bersihkan bagian impeller dan ruang impeller setiap anda mencuci aquarium atau setiap 1-3 bulan sekali. Jika anda rajin melakukan langkah-langkah diatas, maka powerhead anda akan awet dan bertahan lama.

Satu lagi brosis, jangan sampai powerhead anda menyala dalam keadaan kering tanpa/kekurangan air. Hal ini bisa menyebabkan powerhead anda terbakar dan tidak bisa digunakan lagi.

[display-posts tag=”tips” post_per_page=”10″]

[display-posts tag=”tips, powerhead, ikan hias, makanan ikan, obat ikan, aquarium, dekorasi” post_per_page=”5″]

Sekian sekilas info, Semoga berguna.

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson

[display-posts tag=”lelucon” post_per_page=”10″]

[display-posts tag=”sensasi” post_per_page=”10″]

46 Comments

  1. biasa nya karet nya itu yg cepet rusak,,
    mesin nya c awet ya,,
    nah cari sparepart karet yg buat as nya itu atas bawah dmn yg jual ya?
    lumayan dari pada beli powerhead baru..
    beli karet penutup nya itu atas bawah harusnya murah..

  2. nah itu yg terjadi dgn powerhead 3watt kiriman njenengan lur (untuk pasir terjun, tenaga melemah) padahal udah dibersihin. udah 2 minggu ini kumat. putaran baling²nya “ora ajeg” alias ada jeda, jadi pasir terjunnya kayak terputus gitu.

  3. saya udah abis 2 kayaknya.. yg terakhir masangnya ketinggian ..akuarium rembes dikit ..akhirnya mati karena cuma separo terendam air.. pas diangkat panas banget

  4. mesin saya mati mendadak padahal baru beli , saya nyalakan semaleman tiba tiba pas sore mati
    mohon masukan dan bantuan nya masih newbie soalnya tentang awuascape 🙂
    terimakasih

  5. Mas sy punya msn atman tipe at3338 ada in dan out utk airnya tp kok yg in tdk mau menghisap air ya? Kira2 kerusakannya dimana? Oo yaa pengait penutupnya ada yg hilang apa karena itu? Tp sy sdh coba sy tekan penutupnya ttp sj tdk mau msk airnya pd selang in mohon penjelasannya terima kasih

  6. Gan pompa q kabelnya putus 1, kan jumlah kabelnya 2, putus 1 , bila q solder gimana gan … kabelnya 1 kena air nyetrum ga gan airnya ditunggu gan

  7. Bos… PH aku sih perawatan udah kayak gitu, tapi kok setiap 2 bulan mati ya? Soalnya pake buat mompa ke atas gitu. Jadi kayak maksimalin Hmax nya gitu,… Apakah itu salah satu penyebab tidak awetnya PH? Itu buat mompa air ke filter kok.
    Jadi gini:

    ( )——->air keluar. Nah itu dari kolam ke atas
    ——(filter). Bagian bawah filter lalu keatas
    | bagian atas filter
    |
    PH—

    • Kok cepet amat rusaknya ya… PH merk2 ch*na biasanya bisa 2 tahunan kalau terawat. Hmax gak masalah, selama masih bisa dorong keatas pompanya

  8. Mas,mesin filter saya sudah 1 bulan nih.. kenapa yang awalnya air biasa aja keadaan dingin,sekarang jadi panas ya..

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. Harga ikan-ikan ini selalu stabil…!!! | Ferboes.com
  2. Apakah ikan Arwana Bisa Di Gabung didalam Satu Aquarium……..?????? | Ferboes.com
  3. Kelebihan dan Kekurangan Pemakaian Lampu LED…!!! | Ferboes.com
  4. Ikan Parrot No Tail: Unik Gak Ada Buntutnya… | Ferboes.com
  5. Mengatasi Powerhead (Pompa Air) Akuarium yang Bermasalah | BRIGHTEN2nd

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*