Iklan
jump to navigation

Apa Sih Yang Disebut Ikan Koki Calico…??? Maret 4, 2015

Posted by Ferboes in Ikan Mas Koki.
Tags: , , , , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Semalam saya mendapatkan tambahan ilmu yang menarik tentang sejarah ikan koki. Untuk kali ini adalah mengenai ikan koki CALICO. Mari kita luruskan sebentar, saya sebut ikan koki calico bukan berarti ikan koki tersebut adalah jenis calico ya. Karena calico adalah varian warna dari setiap jenis ikan koki.

Misalnya, ada oranda calico, ryukin calico, ranchu calico, demekin calico dan jenis-jenis lainnya. Nah… Lalu, apakah yang di sebut calico itu…??? Disini akan saya jelaskan sesuai dengan informasi yang saya dapat untuk menambah pengetahuan kita bersama mengenai ikan hias air tawar khususnya jenis-jenis ikan koki.

image

“Sejarah kemunculan kaliko sendiri saya tidak terlalu paham. Tentu waktu pertama kali muncul, itu jadi fenomena yang menarik perhatian. Nah, kalau untuk kriteria kaliko, maka begini: ikan tersebut sisiknya pasti masuk dalam golongan sisik transparan. Bukan sisik metalik. Jadi bagi yang pemula perlu memahami beda antara sisik transparan dan sisik metalik. Warna kaliko, sejauh ini hanya bisa muncul di sisik transparan. Tidak semua sisik transparan disebut kaliko. Kaliko adalah ikan sisik transparan yang khusus memiliki 5 warna, yaitu putih, biru, hitam, dua warna lagi antara merah /coklat / orange/ kuning. Istilah kaliko sebenarnya adalah istilah warna kain tertentu jaman dahulu dengan corak tertentu. Nah, ikan yang memiliki 5 warna itu yang disebut warna kaliko. Kadang disebut pula panca warna. Kalau warnanya tidak 5, tapi tiga (hitam, putih, merah), maka tepatnya disebut sisik transparan tricolor. Kadang ada orang yang menyebutnya sebagai tricolor saja. Tidak apa, tapi bisa salah pengertian dengan sisik metalik tricolor. Kadang ada yang menyebutnya sebagai kaliko, tidak apa juga, karena ini salah kaprah yang lazim di Indonesia. Kalau sisik metalik itu cuma punya dua warna, yaitu merah putih, maka namanya sakura. Kalau hitam putih, ya bisa diberi nama panda sisik transparan, meski ikan ini belum lazim dan namanya belum ada standardnya. Tidak apa kalau pemula bertanya, dijelaskan saja dengan baik. Dari bertanya, maka bisa mengerti. Kalau mendebat, itu kemungkinan karena sudah ada salah konsep dalam pikirannya, sehingga dia merasa kok penjelasannya berbeda dengan yang dia mengerti selama ini. Tidak masalah, itu proses pembelajaran” Hermanto Goldfish.

image

Penjelasan pak Hermanto diatas sangat gamblang dan jelas brosis, jadi sangat mudah untuk kita mengerti tentang artian “apa itu jenis ikan koki calico“.
Jadi yang disebut sebagai ikan koki calico adalah jenis ikan koki yang memiliki 5  warna dalam tubuhnya.
Sejarah tentang ikan calico sendiri juga tidak muncul begitu saja pada ikan koki brosis, membutuhkan proses panjang sebelum akhirnya ikan koki memiliki warna yang beragam seperti saat ini.

image

“Jaman dulu muncul ikan yang bentuknya biasa banget, tidak berjambul, tidak berpunuk, bersirip punggung, berekor panjang, yang memiliki warna unik, yaitu memiliki unsur 5 warna. Karena pada jaman itu ikan yang warnanya seperti itu ya hanya itu saja bentuknya, maka ikan tersebut disebut ikan koki jenis kaliko. Jadi semula, itu adalah jenis ikan. Tapi lama-kelamaan, melalui penyilangan-penyilangan, warna tersebut ternyata bisa dimasukkan dalam bentuk-bentuk ikan koki yang berbeda-beda. Mulai saat itu, warna dengan corak 5 warna tersebut dianggap sebagai jenis warna, dan bisa didapati di hampir semua jenis ikan koki. Jadi kalau jaman sekarang, kaliko itu adalah jenis warna. Kita bisa memiliki oranda warna kaliko, ranchu warna kaliko, ryukin warna kaliko, dan sebagainya” Hermanto Goldfish.

image

Varian warna dari jenis-jenis ikan koki saat ini memang banyak sekali. Saya sendiri kadang juga bingung kalau ditanya detail mengenai jenis-jenis ikan koki berdasarkan warnanya. Ada blue base, kirin (capuccino), tiger, dan masih banyak warna-warna lain pada jenia ikan koki yang ada. Selain dari jenis varian warna, jenis ikan koki sendiri juga semakin banyak karena hasil kawin silang antara jenis yang berbeda. Varian-varian baru bermunculan.

Masih banyak hal yang masih saya pelajari tentang ikan koki ini. Sebagai seorang newbie, saya belajar dari mana saja. Dari baca-baca artikel tentang ikan koki, sharing bersama customers dan para hobbies lainnya juga. Gabung di group ikan koki dan menyimak dengan seksama saat para sesepuh hobbies ikan koki sedang berbagi pengalaman dan tips tentang perawatan dan sejarah ikan koki.

Yups… Itulah sedikit bahasan mengenai jenis ikan koki yang di sebut ikan koki Calico. Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama 🙂

Sekian sekilas info, Semoga berguna.

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

Iklan

Komentar»

1. andhi2010 - Maret 4, 2015

koki……. 🙂

Ferboes - Maret 4, 2015

Hehehe 😀

2. ayu kusumaningrum - Maret 4, 2015

nyimak,,, lek.

Ferboes - Maret 4, 2015

Monggo yu… 🙂

3. dave - Maret 5, 2015

o0o gt ya bro,,
cek this out,,
http://www.kaskus.co.id/thread/5472910196bde6856c8b4573/berbagai-spesies-hewan-dengan-tubuh-transparan/
paling keren yg gambar Barton Springs Salamander

4. Istilah Ikan Koki Jade Head…!!! | Ferboes.com - Juli 24, 2015

[…] Jadi begini guys… Ikan koki itu kan banyak sekali warnanya… Ada yang merah berpadu dengan warna putih, ada yang full merah (lebih tepatnya orange/orange tua), ada yang berwarna putih saja, maupun yang memiliki lebih dari dua atau tiga warna pada tubuhnya. Biasanya di sebut dengan ikan koki calico. […]

5. Pusat Ikan Hias Gedung UKM Johar Baru Jakarta Pusat Sekarang Sudah Rapi… | Ferboes.com - Januari 11, 2016

[…] Ikan koki panda ini lucu banget guys… • Apa sih yang di sebut ikan koki calico…??? • Ikan apa sih yang bisa di campur dengan ikan koki…??? • Istilah ikan koki jade head • […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: