Pengertian Ikan Fancy dan Ikan SQ (goldfish)

image

Ferboes.com – Hi guys…!!!
Mungkin masih banyak orang yang bingung mengenai pengertian ikan fancy dan ikan SQ. Awalnya saya juga kurang paham apa bedanya ikan yang disebut kualitas fancy, dan ikan yang disebut dengan kualitas SQ khususnya mengenai ikan koki (goldfish). Namun setelah saya bertanya kesana-kemari kepada orang yang tahu tentang hal inj, akhirnya saya mendapat sedikit pencerahan mengenai hal ini. Dan saya rasa tidak ada salahnya jika saya share untuk anda.

image

Ikan Koki Kualitas Fancy
Ikan koki yang disebut dengan kualitas Fancy adalah ikan yang biasa saja. Maksudnya disini adalah ikan tersebut belum memenuhi kriteria sebagai ikan yang layak kontes. Meskipun begitu tidak ada larangan untuk mengikutsertakan ikan fancy dalam suatu kontes ikan hias. Boleh-boleh saja ikan fancy ikut kontes, namun kemungkinan untuk menang sangatlah tipis.

Apakah ikan fancy itu jelek…???
Tidak juga guys… Ikan fancy juga banyak yang bagus kok, bagus atau jelek itu tergantung pandangan kita masing-masing.
Kekurangan ikan fancy itu biasanya ada beberapa bagian yang kurang bagus, misalnya….
– siripnya tidak lurus dan kurang tegak
– bentuk badan kurang proporsional
– ikan tidak lengkap bagian tubuhnya
– dan lain sebagainya.

image

Ikan Koki Kualitas SQ
Arti SQ sendiri adalah Show Quality. Nah… Menurut pernyataan salah satu narasumber yang saya tanya mengenai hal ini, syarat utama ikan SQ adalah ikan harus rapi. Rapi disini adalah, diantara sirip-sirip ikan yang meliputi sirip dorsal, sirip renang, sirip anal, dan ekor haris tegak lurus dan mekar. Tidak ada bagian yang bengkok, melengkung atau bahkan terlipat.

Selain itu, ikan SQ biasanya memiliki anatomi tubuh yang gempal, padat, dan berisi serta ikan tersebut lincah dan aktif. Saat berenang, sirip-sirip ikan tersebut tetap terlihat rapi dan seimbang. Terkadang ada juga ikan yang siripnya rapi, namun sewaktu berenang buntutnya ada yang pergerakannya tidak seimbang. Misalnya… Ekor menekuk kedalam disalah saru sisinya maupun kedua sisinya. Jadi point terpenting ikan SQ adalah Kerapian ikan tersebut.

Kriteria Ikan Koki Kontes
Memang hingga saat ini belum ada ketentuan pasti mengenai bagaimana kriteria ikan koki yang patut untuk di perlombakan. Mengingat saat ini banyak sekali jenis ikan koki yang memiliki anatomi tubuh yang berbeda. Hal ini sedang menjadi topik bahasan bagi para panitia penyelenggara kontes ikan hias khususnya ikan koki supaya para hobbies baru (baca: newbie) bisa ikut berpartisipasi dalam sebuah ajang kontes atau lomba ikan hias terutama ikan koki.

Berbicara mengenai harga ikan fancy dan ikan SQ, tentu saja jauh berbeda. Meskipun begitu, belum tentu ikan yang harganya lebih murah tidak akan dapat memenangkan kontes, begitu juga ikan yang harganya mahal juga belum tentu bisa memenangkan sebuah kontes ikan. Bagi anda yang penasaran seperti apa ikan koki yang disebut kualitas SQ (show quality), anda bisa datang pada acara Kontes Ikan Koki dan Discus di Cibinong (baca disini) pada tanggal 27-29 maret 2015. Sekalian cuci mata dan balajar anatomi tubuh ikan koki SQ disana.

So… Bagaimana menurut anda tentang ikan fancy dan ikan SQ diatas…???
Kurang lebihnya mohon di maklumi, saya juga masih sama-sama belajar.
Jika ada yang kurang, mohon ditambahkan, jika ada yang salah, tolong dibenarkan

[display-posts tag=”ikan koki, ikan kokj kontes, kontes ikan koki, ikan hias, makanan ikan, obat ikan, aquarium, dekorasi” post_per_page=”5″]

Sekian sekilas info, Semoga berguna.

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Belajar Keeping Ryukin Goldfish… | Ferboes.com
  2. Koi In The Aquarium… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*