Iklan
jump to navigation

Safety Riding Itu Penting Buat Para Bikers… Juni 16, 2015

Posted by Ferboes in Semua tentang Motor.
Tags: , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hi guys…!!!
Jaman sekarang ini pastinya banyak yang sudah bisa mengendarai sepeda motor. Jangan kan yang sudah memiliki SIM (surat ijin mengemudi), yang belum punya SIM aja sudah banyak yang bersliweran di jalan raya. Padahal belum tentu mereka semua tahu tentang safety riding. Yang penting gaspoll rem poll :mrgreen:

Makanya, tak heran jika banyaknya angka kecelakaan terbesar di sumbang oleh para rider sepeda motor. Karena memang kurangnya pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya safety riding itu sendiri. Sekarang sudah banyak pusat pelatihan safety riding, dengan adanya pusat pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi banyak orang. Seluruh materi yang diberikan oleh instruktur, ternyata cukup berguna bagi para bikers ketika sedang riding di jalanan.

Di bawah ini ada beberapa manfaat dari pelatihan safety riding menurut Carmudi Indonesia, seperti yang dilakukan oleh dua pabrikan motor terbesar di Indonesia yaitu Honda dan Yamaha.
Apa saja materi-materi safety riding tersebut…???
Simak di bawah ini ya guys……

image

1. Slalom
Fungsi dari melatih gerakan slalom adalah untuk melatih kemampuan dan menjaga irama keseimbangan tubuh ketika sedang menikung, atau ketika sedang melalui jalanan berliku. Dalam hal ini (slalom) yang terpenting adalah mengontrol gerakan tubuh sang pengendara. Maksudnya adalah saat sedang menikung atau berbelok, sepeda motor lebih mengikuti tubuh sang pengendara.

image

2. Melalui Jalan Titian
Praktek melalui jalan titian hampir sama dengan melakukan gerakan slalom, yang manfaatnya untuk menjaga keseimbangan tubuh. Namun, fokus dari latihan ini adalah untuk melatih keseimbangan tubuh ketika melewati jalanan yang sempit guys… Misalnya… Kita sebagai rider sering kali melalui sela-sela diantara dua mobil, termasuk saya sendiri guys.. :mrgreen: dan terkadang, ada beberapa rider yang menyenggol sebagian body atau spion mobil, kan bisa bikin ribut dijalan tuh…
Nah… Latihan seperti ini untuk melatih keseimbangan tubuh kita saat berada diatas motor supaya gak goyang-goyang saat melewati celah-celah sempit seperti contoh diatas tadi guys…

image

3. Melewati Jalanan Bergelombang
Latihan seperti ini juga sangat penting lho guys…. Seperti halnya dengan latihan slalom dan melewati jalan titian diatas, latihan melewati jalanan bergelombang dapat berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh kita saat melewati jalanan yang jelek, berbatu, maupun bergelombang, atau berlubang. Selain menjaga keseimbangan badan, pelatihan ini juga mengajarkan mengenai penggunaan rem depan dan belakang secara konstan. Para bikers juga diajari cara mengendalikan kecepatan motor saat melakukan pengereman.

image

4. Pelatihan Pengereman
Yang terakhir adalah latihan pengereman, hal ini juga penting untuk dilakukan, karena posisi mengerem yang benar idealnya adalah 60:40. Maksudnya begini guys…. pengereman yang baik adalah menggunakan rem depan sebanyak 60% dan rem belakang 40%. Distribusi pengereman yang benar akan menghindari terjadinya slip saat sedang melakukan pengereman, istilah gaulnya ngesot atau ngepot gitu guys…. Latihan safety riding seperti ini dapat dilakukan oleh semua rider di area terbuka yang luas, tanah lapang, maupun lapangan parkir. Selain materi-materi di atas, ada lagi nih tambahan pengetahuan yang patut diperhatikan di luar dari materi yang sudah saya sebutkan di atas…. yaitu, pengecekan kondisi sepeda motor dan memerhatikan kondisi tubuh sang pengendara itu sendiri.

Pengecekan Kondisi Sepeda Motor
Sebelum anda melakukan perjalanan, ada baiknya jika anda selalu mengecek kondisi motor Anda. Misalnya…. kondisi rem, lampu-lampu, termasuk lampu sein, berfungsi atau tidak. Jangan sampai nanti kena tilang gara-gara lampu motor anda mati :mrgreen: Selain itu, cek juga tekanan ban depan dan belakang agar motor anda lebih nyaman dikendarai. Kalau ban kekurangan angin kan jadi kurang nyaman juga saat kita mengendarainya. Pasang spion asli, bukan spion imitasi yang cuma untuk pajangan. Karena spion sangat berguna untuk melihat posisi kendaraan lain yang ada di belakang anda saat sedang riding. Kalau bisa sekalian pakai jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu (untuk yang satu ini saya masih menggunakan sendal jepit) :mrgreen:
Jangan lupa juga selalu pergunakan helm ya guys…..

Periksa Kondisi Tubuh
Selain pengecekan kondisi motor, ada baiknya untuk memastikan kondisi tubuh anda sendiri, apakah anda dalam kondisi yang baik atau sedang kurang fit sebelum berkendara. Apabila kondisi tubuh bikers itu prima, maka konsentrasi akan lebih terjaga dab sanggup menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan saat sedang riding. Selain itu, jika tubuh anda fit, tentu saja akan membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman ketika sedang riding. Nah… Hal terakhir yang harus dilakukan sebelum berkendara adalah melihat kelengkapan surat-surat, seperti SIM dan STNK. Jangan sampai ketinggalan. Bisa repot sendiri kalau sampai ketemu razia gabungan dan anda lupa membawa surat-surat penting semacam SIM & STNK. Hahahaha….

Nah…. cukup segitu dulu bahasan mengenai Pentingnya safety riding bagi para bikers kali ini…. Hormati sesama pengguna jalan dan jangan grusa-grusu saat anda sedang berkendara. INGAT…..!!!! Yang terpenting dari semua hal di atas adalah…
Berdo’a meminta perlindungan kepada-Nya sesuai dengan ajaran agama masing-masing…!!!


Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

Iklan

Komentar»

1. JalanBerkarisma - Juni 16, 2015
Ferboes - Juni 16, 2015

Weleh weleh…

2. Azis Karim - Juni 16, 2015

Safety riding dan doa yg utama

Ferboes - Juni 16, 2015

Betul masbro 🙂

3. Kobayogas - Juni 16, 2015
Ferboes - Juni 16, 2015

Wah. … Ini jagonya….
*sruntulan :mrgreen:

4. Mase - Juni 17, 2015

Sangat penting bro untuk keselamatsn bersama

5. dave - Juni 17, 2015

ini latian buat bawa motor di jalanan umum atw mo sirkus?
justru ini yg buat bahaya,,
pertama slalom jadi motor suka zig zag di jalan umum yg rame,,
bisa bikin tabrakan tuh,,
kedua,, dah jalan sempit ga muat motor masih aja dipaksa masuk,, ya itu bikin baret mobil atw mentok spion,,
ketiga rem mendadak,, bisa tabrak belakang,,
inti nya bawa motor yg lurus2 aja,, jgn ngebut2,,
kalo ga bisa lewat,, sabar,, antri gt.. jgn nyeruduk aja,,
jgn salip2 depan mobil atw motor laen,,
kalo lagi pas tuh mobil gas,, motor maen masuk aja,,
pas ketabrak salah mobil,, padahal latian ky gini nih,,
maen masuk aja asal ada celah dikit aja,, bahayain,,
harus nya latian kesabaran.. saling menghormati,,
jgn lawan arah,, jgn naek trotoar,, rem kalo ada yg nyebrang,,
mo lampu merah rem sampe ijo baru jalan,, gt,, imo cmiiw

6. dave - Juni 18, 2015

selamat menjalankan ibadah puasa

Ferboes - Juni 18, 2015

Terma kasih 🙂

7. setia1heri - Juni 18, 2015
8. AquariuZ Aquaristik - Juni 19, 2015

Trus kalo bis pasang dengkul dan siku protector… ma google biar aman pas naik turun tanah berdebu…

Kebawa mimpi naik trail jalan2 keliling jawa,…

Ferboes - Juni 19, 2015

Hahahhaaa….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: