Budidaya Ikan Koki (percobaan)

image

Ferboes.com – Hi guys…!!!
Kemarin malam sewaktu saya sedang duduk didepan aquarium melihat ikan-ikan saya, tiba-tiba pandangan saya tertuju kepada dua ekor ikan koki jenis ranchu yang saya pelihara. Keduanya terlihat saling kejar-kejaran.

Awalnya saya pikir ada yang sakit nih… Setelah saya perhatikan, bagian (maaf) anus ikan koki saya terlihat sedikit memerah. Kemudian saya tangkap ikan tersebut, saya pegang, dan perutnya terasa lembek sekali. Kemudian…. Hey…. Keluar telurnya… Ternyata ranchu saya yang berwarna putih polos tersebut sudah membawa telur di dalam perutnya. Akhirnya jadi timbul niat untuk mencoba membudidayakan nya.

Langkah pertama yang saya ambil adalah memanggil penghulu memisahkan kedua ikan tersebut. Satu ekor jantan (red white) dan satu ekor betina (putih) kedalam satu aquarium terpisah dari ikan-ikan yang lain. Terpaksa ikan yang lainnya harus saya pindahkan dan harus rela sedikit berdesak-desakan dengan ikan lainnya untuk sementara waktu.

image

Setelah saya meminta bantuan teman-teman saya yang lebih paham mengenai pembudidayaan ikan koki ini, maka saya di sarankan untuk meletakkan media yang akan digunakan untuk menaruh telur-telur ikan. Nah… Karena gak ada tanaman eceng gondok, akhirnya saya pakai tali rafia yang sudah saya robek-robek seperti contoh gambar diatas :mrgreen:

Ini benar-benar percobaan pertama saya. Entah berhasil atau tidak nantinya, namanya juga iseng guys… Padahal saat ini sudah ada sekitar 30 ekor baby ranchu di rumah. Sedangkan saya hanya memiliki 3 buah aquarium saja. Daripada penasaran bagaimana cara membudidayakan ikan koki, ya sudah saya pun ikut mencobanya ūüėÄ

image

Selanjutnya bagaimana…???
Kedua mempelai ikan tersebut saya pisahkan dan saya beri media dari tali rafia tersebut. Selanjutnya tinggal menunggu saja hingga ikannya bertelur.

Jadi penasaran nih… Jadi apa gak ya….???


Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

14 Comments

  1. Mantab dach Ranchu, koki favourite aye, mirip Barongsai, itu tali rafia ngegantiin eceng gondok hehehehe

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Percobaan Budidaya Ikan Mas Kokiku Gagal… | Ferboes.com
  2. Gagal Dibuahi, Telur-telur Ikanku Tidak Menetas…!!! | Ferboes.com
  3. Burayak Ikan Kokiku Laku juga…. | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*