Iklan
jump to navigation

Ikan Kumpai Dan Komet Untuk Meramaikan Kolam…. November 3, 2015

Posted by Ferboes in Ikan Koi.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hi guys…!!!
Jika anda memiliki kolam ikan, dua jenis ikan ini bisa menjadi pilihan yang ekonomis untuk penghuni kolam anda. Kenapa saya bilang ekonomis…??? Karena kedua jenis ikan ini harganya terbilang lebih murah daripada ikan koi guys….

Ikan kumpai dan ikan komet adalah kedua jenis ikan yang saya maksud guys… Bentuk badan dan varian warnanya hampir seperti ikan koi. Namun, sirip-sirip dan buntut ikan kumpai lebih panjang daripada ikan koi. Begitu pula dengan ikan komet.

image

Ikan kumpai bisa tumbuh besar seperti ikan koi, namun tidak terlalu besar. Setahu saya, ikan kumpai bisa tumbuh hingga panjang maksimal 60-70cm. Tetapi, mungkin ada yang lebih besar, hanya saja saya belum pernah melihatnya. Mungkin diantara anda ada yang pernah melihat ikan kumpai tumbuh besar hingga semeter…???

Berbeda dengan ikan kumpai, ikan komet termasuk ikan mas yang kecil. Ukuran maksimalnya sekitar 25-30cm. Itu juga hanya sejauh sepengetahuan saya ya guys… Entah ada yang lebih besar atau tidak, untuk ikan komet ini, ukuran paling besar yang pernah saya lihat ya sekitar segitu. Kalau ikan koi mah bisa tumbuh sampai dengan ukuran 1 meter.

image

Harga ikan kumpai dan ikan komet tidak terlalu mahal. Untuk seekor ikan kumpai berukuran -/+ 25cm, biasanya di jual sekitar 25-30 ribu rupiah. Sedangkan untuk ikan komet jauh lebih murah lagi guys… Harga seekor ikan komet yang sudah berukuran -/+ 10-15cm sekitar 5 ribu rupiah saja. Harganya tidak terlalu mahal di bandingkan ikan koi. Meskipun, harga ikan koi juga ada yang murah. Biasanya, tergantung kualitas dan ukuran.

Pemeliharaan ikan ini sebenarnya tidak terlalu susah, namun biasanya untuk ikan baru, butuh karantina terlebih dahulu. Terkadang, jika ikan gagal adaptasi pada air di dalam kolam kita bisa menyebabkan ikan jatuh sakit. Makanannya juga tidak sulit, kedua jenis ikan tersebut bisa di berikan pakan berupa pellet.
Pemeliharaan standart, pemberian pakan 3 kali sehari, dan penggantian air maksimal 1 bulan sekali tergantung kapasitas kolam, kapasitas filter, dan banyaknya populasi yang ada di dalam kolam anda.

So guys… Jika anda punya kolam nganggur, dan ingin terlihat ada kehidupan di dalamnya, mungkin kedua jenis ikan yang saya sebutkan diatas dapat menjadi pilihan anda sebagai peliharaan dirumah.

Baca juga yang berikut ini guys…


Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson

Iklan

Komentar»

1. orong-orong - November 3, 2015
Ferboes - November 3, 2015

Pancen kang…😂

2. dave - November 3, 2015

sayang nya ga punya kolam,,
btw kalo uda bahas komet sama kumpai,,
harus ada artikel tuh bahas beda nya kumpai, komet dan koi,,
yg pasti dari bentuk fisik,, imo

Ferboes - November 3, 2015

Thanks masukannya bro. Nanti di bahas ya 😀

3. Mase - November 3, 2015
4. Ikan Koki Predator… Serem Juga Kalau Ada Yang Begini… | Ferboes.com - Januari 15, 2016

[…] Sebenarnya itu bukan ikan koki juga sih guys… Karena kalau melihat ekornya, sepertinya itu ikan komet atau ikan mas. Ikan komet sendiri merupakan salah satu Jenis ikan yang cocok di pelihara di kolam. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: