Bisnis Online… Kepercayaan Nomor Satu…!!!

image

Ferboes.com – Hi guys…
Dalam bisnis online, kepercayaan adalah hal paling utama. Jika tidak ada kepercayaan antara seller dan customer, maka bisnis itu tidak akan menjadi menyenangkan. Saya termasuk baru dalam hal ini meskipun bisnis (jual/beli) online yang saya jalani ini bukanlah prioritas utama saya. Sekedar iseng dan sambilan saja kalau pas lagi ada yang di jual maupun dibeli.

Antara penjual dan pembeli sama-sama berpengaruh. Barang siap kirim kalau duit sudah ditransfer, Kira-kira seperti itulah aturan main dalam bisnis online. Tapi, kalau saya terkadang lebih fleksible. Apalagi kalau sama orang yang sudah kenal. Mau beli ikan saya, silahkan. Mau bawa dulu baru bayar, silahkan. Atau, kalau ada yang mati, pasti saya ganti atau potong harga kalau memang diperlukan. Istilahnya, demi kepuasan pelanggan, itu hal yang gampang buat saya. Untungnya, terkadang saya juga begitu kalau beli barang secara online dengan yang lain. Terkadang saya bisa bawa barangnya dulu, dan bayar belakangan 😁😁😁

Agar ceritanya lebih greget, mulai paragraph dibawah ini, bahasanya diubah menjadi bahasa sehari-hari…..

Gue emang lagi kesel karena gue harus menanggung malu gara-gara tingkah seller yang gak bertanggung jawab. Gue bantu dia jualin ikan dengan keuntungan yang tidak seberapa dibandingkan dengan malu yang harus gue tanggung.

Memang, dalam bisnis online yang umum, aturan mainnya adalah: duit transfer, barang kirim. Tapi… Sama orang yang udah kenal, harusnya bisa percaya. Tapi… Bikin dongkol aja. Gue udah nunggu transferan dari calon pembeli, dan pembelinya adalah orang yang gue kenal. Bahkan, gue gak masalah kalaupun itu ikan harus dikirim meskipun belum di transfer uangnya. Gue percaya sama calon pembeli kalo dia gak akan kabur. Tapi… Yang punya ikan punya “lagu” lain. Sebelumnya ngotot kalo uang belum di transfer, maka ikan tidak akan dikirim. Padahal… Antara sang pemilik ikan dan calon pembeli sebenarnya adalah orang yang sama-sama kenal, hanya saja, gue sebagai perantara gak boleh ngasih tahu siapa dia. Yang paling bikin gondok adalah… Calon pembeli sudah transfer uangnya, saat minta kirim ikan malah di cancel. Bilangnya… “ikan gak jadi di jual”
KAN TAIK BANGET GUYS.. 
lah… Gue yang harus nanggung malu.

Kalo begini caranya, kedepannya gue yang susah jualan gara-gara tingkah KONYOL dia. Orang-orang bisa kehilangan kepercayaannya terhadap gue. Sial… Jadi gue yang kena getahnya. Gak konsisten sebagai seller. Yaudahlah… Sebagai pelajaran buat diri sendiri. Dan kalo elo nemuin orang yang seperti ini, lebih baik jaga jarak. Nanti, elo yang susah sendiri.

Selama jualan online, gue selalu bilang apa adanya. Bisa kirim? Bisa!!! Tapi, tidak untuk luar kota. Gue hanya kirim sejauh jangkauan GOJEK saja. Cukup jelas kan. Nah… Kalau untuk booked ikan, gue fleksible sama customer gue. Apalagi kalau ikan gue sendiri. Mau sebulan nginep dirumah juga gue mah santai aja sampai diambil sama pembeli. Bah… Gue jadi curhat kaia ibu-ibu aja 😂😂😂

Ini cerita gue, mana cerita elo…..???

Thanks for reading and sharing guys…..

Baca juga yang berikut ini…
[display-posts tag=”inspirasi” post_per_page=”10″]
[display-posts tag=”otomotif” post_per_page=”10″]
[display-posts tag=”ikan-hias” post_per_page=”10″]
[display-posts tag=”sensasi” post_per_page=”10″]

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Blog Ikan Hias: Ferboes.com & Goldfish-union.com
Blog Modifikasi: SAiiSOKU.com
Blog Sensasi: Sensasiku Blog
Blog Otomotif: TraktorDOHC.com

22 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*