Tips Untuk Mengatasi Arowana Yang Mogok Makan…

image

Ferboes.com – Hi guys…
Ada sedikit tips yang sangat bermanfaat untuk mengatasi ikan arwana yang sedang mogok makan karena stress setelah dipindahkan, atau ikan arwana yang sedang sakit dan beberapa hal lain yang menyebabkan ikan arwana menjadi tidak mau makan.

Tips ini di share oleh Bapak Brian Abo untuk para pecinta Ikan Arwana…

image

Simak dibawah ini guys….

Sedikit Share saja pengalaman Arowana mogok makan….karena saya sering mengalaminya:

1. Pancing cacing beku kalau arowana piyik, kalau arowana gede pakai cacing tanah. Menu makan sebisa mungkin disesuaikan dengan size arowana, kalau masih piyik (below 18cm) usahakan yang lembut-lembut (cacing), kalau masuk ke ukuran 18-25cm, bisa udang, jangkrik, Ulet Jerman, Ulet Hongkong, kalau diatas 25cm silahkan diberikan apa saja, asal dia suka, genjot 1 menu itu dulu, makan sudah lancar baru bisa experimen menu lain. Saya pribadi sih meyakini Arowana gak ada istilah bosen, insting dia itu makan untuk bertahan hidup.

2. Make sure kondisi air stabil dalam artian kalau kuras jangan kebanyakan, cukup 20-30% saja tetapi rutin 2-3hari, semakin besar volume air, maka durasi semakin panjang disertai size arowana nya, semakin besar semakin cepat durasi nya dan begitu pula sebaliknya. Make sure air yang dipakai bebas kaporit dan kaya oksigen (endapkan + kasih aerator minimal 24 jam bisa membantu dapat air yang cocok buat arowana sebelum masuk ke tank arowana).

3. Cuci kapas berkala, 2-3 hari sekali, cuci dan ganti yang baru (sudah dikucek or rendam air 24 jam dulu sebaiknya), kalau yang dijemur dan kering, maka gantian dengan yang dipakai, jadi punya 2 set minimal, cuci-kering-pake.

3. Set heater pada suhu -/+ 30°C.

4. Garam 1gram/Liter air.

5. Opsional tambahan:
     a. Daun Ketapang kering, dosis 1 lembar/50L air, rendam di air aqua/simpan dibawah kapas, tiap 3-4 hari ganti yang baru dan kalau air sudah cokelat banget baru stop ketapang, jangan lupa kuras rutin juga jalan.
     b. Aquasafe (dosis di kemasan)
     c. Blackwater (dosis di kemasan)
     d. Arovital (dosis di kemasan)
     e. Pil Hobbies (dosis di kemasan)
     f. Mineral Plus or Semacam nya (dosis di kemasan)
    
6. Saat mrnguras kalau bisa jangan terlalu banyak mengguncang air alias obok-obok, slow but sure. Proses memasukan air pun kalau bisa adem ayem, gak banyak grojokan alias ombak, slow but sure.

7. Penerangan yang cukup

8. Arus bisa diberikan biar ada gerak Arowana nya, mancing capek dan akhirnya makan, tetapi saran saya cukup 12 jam, arus jangan terlalu kencang, karena terlalu kencang nambah stress

9. Jika aquarium sering dilalui orang banyak dan sering, baiknya ditutup bagian depan dan samping2 (pakai koran or semacam nya supaya arowana gak bisa lihat luar) sampai makan mulai lancar, lalu dibuka sedikit demi sedikit (+/- 10%) klo makan lancar, besok nya buka lagi +/- 10% penutup nya.

10. Tetap Semangat dan Tidak Patah Semangat……

Maaf kalau ada yang salah, karena berdasarkan pengalaman pribadi……cekidot Arowana nya yang pernah mogok makan ampe warna tak beraturan…

image

Thanks for reading and sharing guys…..

Baca juga yang berikut ini…
[display-posts tag=”inspirasi” post_per_page=”10″]
[display-posts tag=”otomotif” post_per_page=”10″]
[display-posts tag=”ikan-hias” post_per_page=”10″]
[display-posts tag=”sensasi” post_per_page=”10″]

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Blog Ikan Hias: Ferboes.com & Goldfish-union.com
Blog Modifikasi: SAiiSOKU.com
Blog Sensasi: Sensasiku Blog
Blog Otomotif: TraktorDOHC.com

17 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*