Iklan
jump to navigation

Arwana Terkena Dropsy… Antara Ngeri Dan Geli… Mei 7, 2016

Posted by Ferboes in Tips and Trick.
Tags: , , , , , , ,
trackback
image

Pics by google

Ferboes.com – Hi guys… Ngeri-ngeri geli kalau melihat ikan terkena penyakit dropsy atau yang biasa di sebut dengan kembang sisik, sisik nanas, atau sisik mengembang. Serem dan rasanya gak tega kalau kalau melihat ikan terkena dropsy. Ikan apa saja guys, kalau sudah terkena penyakit dropsy memang sangat mengerikan.

Bisa dibilang, dropsy termasuk salah satu penyakit mematikan untuk ikan. Meskipun sebenarnya bisa disembuhkan jika masuk tahap awal. Kalau sudah terlalu parah, dan sisik-sisiknya mulai mengembang sudah sangat susah di sembuhkan.

Sudah beberapa kali saya bahas mengenai dropsy ini guys. Intinya, penyakit ini sangat berbahaya. Ada beberapa informasi yang saya dapatkan tentang dropsy guys. Menurut salah satu narasumber yang saya tanya, beliau memberi tahu bahwa sebenarnya dropsy di awali dengan penyakit lain. Karena penyakit utamanya belum sembuh, kekebalan tubuh ikan semakin melemah, dan kurang mampu untuk menyerap oksigen didalam air, maka tahap akhirnya adalah sisik-sisik ikan mulai mengembang dan tubuh ikan juga ikut membengkak.

image

Penanganan Tahap awal Penyakit Dropsy
Jika belum terlalu parah, dropsy bisa disembuhkan dengan cara aerasi yang besar dengan menggunakan aerator. Namun, tahap awal yang harus dilakukan adalah menyembuhkan penyakit utamanya.

Ikan yang terkena dropsy tahap awal (bisa dibilang sebelum sisiknya mulai membengkak) dipisahkan dengan ikan-ikan yang lainnya didalam satu aquarium. Suplay dengan gelembung yang besar, sehingga suhu air didalamnya makin menurun. Bahkan, bisa dikatakan penyakit dropsy dapat di sembuhkan dengan cara menurunkan suhu air dan memperbanyak suplay oksigen. Suplay oksigen yang kuat dapat membantu penyembuhan ikan yang terkena penyakit dropsy.

Kurang lebih seperti itulah penyebab dan cara menangani penyakit dropsy. Cara diatas untuk tahap awal saja ya guys… Kalau sudah parah (sisik mengembang) ya susah guys… Mungkin direlakan saja saat ikan kesayangan kita terkena dropsy itu pergi untuk selama-lamanya… 😭😭😭

Iklan

Komentar»

1. Warung Biker - Mei 7, 2016

kira-kira ikan yang mati karena dropsy aman nggak dikonsumsi?? misal nih arwana mati kena dropsy, kang sayang tuh kalau di buang..

Ferboes - Mei 7, 2016

Kurang tahu saya. Kalo ikan sakit mati biasanya sih saya buang. Kalau mati karena mati lampu, loncat, atau kolam bocor baru di masak. Kalau tega 😁

Warung Biker - Mei 7, 2016

oh gitu ya.. kebanyakan sih nggak tega.. tapi kalau ikan enak ya ngeman kalau dibuang.. xixixixi

Ferboes - Mei 7, 2016

Kalau yg piara sendiri biasanya kan gak tega

2. sebarkan.org - Mei 8, 2016

Kasian..

Waduh foto segerombolan bocah alay ini tuai hujatan netizen!! http://tinyurl.com/hrq3boh

3. dave - Mei 9, 2016

katanya kasih aerator sama heater

Ferboes - Mei 9, 2016

Kalau setahu saya justru jangan pakai heater. Tapi blm nyoba sih

dave - Mei 10, 2016

baca di grup,, katanya gr2 suhu air drop,,
terus ada yg bilang kurangin aer,, kuras sampe 70% kasih heater,,
ada lagi yg bilang kasih tetracyline apa lah gt,, dsb dsb

Ferboes - Mei 10, 2016

Yang pasti susah penanganannya

dave - Mei 11, 2016

penyebab nya apa tuh? biar lebih baik mencegah daripada mengobati

Ferboes - Mei 11, 2016

Jaga ikannya jangan sampai sakit 😁😁😁

4. imotorium - Mei 10, 2016
5. Agung Mujtaba - Mei 20, 2016

Kasian banget liat ikan kayak gitu. Dari info yang saya dapet, katanya sih bisa disembuhkan pake air garam gan. Gini caranya, sediakan tempat baru, lalu isi dengan air terus campuri garam secukupnya hingga air tawar berubah rasa menjadi sedikit asin, masukin ikannya. Setelah keluar lendir n kotoran dari ikan, baru deh diangkat ikannya, sekitar 10-15 menitan katanya, saya sih belum coba..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: