Iklan
jump to navigation

Blogger & Vlogger Factory Visit Plant 4 & 5 Honda di Karawang… Rame puoll…. Juli 16, 2017

Posted by Ferboes in Honda.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Ferboes.com – Hi guys…

Kemarin tanggal 15 juli 2017, AHM (Astra Honda Motor) mengumpulkan puluhan blogger otomotif tanah air mulai dari jawa timur, jawa tengah, jawa barat, bali, sampai batam menjadi satu, tumpah ruah di plat Honda di Karawang. Ada apaan ya…??? 

Jarang sekali para blogger otomotif se Indonesia bisa berkumpul menjadi satu seperti ini. Gak cuma blogger, AHM juga mengundang beberapa Vlogger dalam acara sabtu kemarin. Rame? Pastinya… Puluhan orang yang suka exist dan selalu update di dunia maya dikumpulkan menjadi satu, pastinya rame banget.

Sempat menebak-nebak, ada acara apakah sampai mengundang banyak blogger dan vlogger? Awalnya, ferboes pikir akan ada produk baru yang akan diperkenalkan dan di rilis. Tapi ternyata… Semua berbeda dengan apa yang di bayangkan. Puluhan Blogger dan Vlogger yang hadir diajak untuk mewakili para pembaca sekalian dalam melihat bagaimana proses perakitan motor-motor honda khushsnya untuk kelas motor matic dan motorsport. Karena di karawang adalah tempat memproduksi motor-motor matic yang merajai jalanan disetiap penjuru wilayah indonesia, serta tempat produksi motorsport Honda. Tapi, sayangnya kami semua tidak diijinkan untuk membawa kamera. Dalam bentuk apapun 😬😬😬



Jadi, cukup ferboes jabarkan melalui tulisan-tulisan di artikel ini ya guys….😀😀😀

Di plat 4 Karawang ini adalah tempat memproduksi motor matic khususnya (yang kemarin kami lihat) untuk motor honda beat dan Vario. Mulai dari printilan-printilan part, hingga menjadi sebuah unit motor yang siap dilempar (ceileehhh… Dilempar) ke pasar. Kami diajak berkeliling melihat bagaimana proses perakitan mulai dari copotan-copotan rangka, mesin, hingga pemasangan body. Semua terlihat dengan jelas dalam jarak dekat. Oh ya, sebagai informasi, pabrik AHM yang ada di Karawang itu super bersih guys… Mantep banget dah. Semua karyawan yang bekerja sangat memperhatikan kebersihan lingkungan kerjanya. Salut banget dah….

Selain perakitan honda beat, kami juga diajak berkeliling melihat proses pembuatan motor Honda Vario. Tak hanya honda vario untuk pasar lokal, Di plant 4 ini juga memproduksi Honda Vario khusus untuk eksport yang di beri nama Honda click. Awalnya ferboes cukup heran dengan adanya unit honda Vario 150 dengan striping yang sangat asing. Ternyata itu adalah honda click dengan striping berwarna hijau stabilo ala rossi yang di khususkan untuk eksport.  Maaf ya, ferboes tidak punya fotonya…



Di plant 4 ini, ferboes dan kawan-kawan blogger & vlogger juga melihat di produksinya part body untuk motor matic Honda. Semua di buat sendiri oleh honda. Namun ada beberapa part yang diambil dari vendor. Proses painting dan finishing, semuanya terlihat jelas. Sudah seperti piknik keluarga guys…. Tapi, ini pikniknya keliling pabrik 😬😬😬 

Tak hanya di plant 4, tour berlanjut ke plant 5. Di tempat ini (plant 5) adalah tempat produksinya motorsport Honda salah satunya adalah motorsport kelas premium yaitu All New Honda CBR250RR. Sayangnya, pada hari sabtu kemarin, sedang tidak ada aktivitas pekerja disana. Namun, kami tetap bisa melihat bagaimana printilan-printilan part yang Belum dirakit, sampai menjadi sebuah unit motor yang dijual dengan harga puluhan juta tersebut. Ada perlakuan khusus untuk produksi motor 250cc 2 silinder dari honda ini guys, di salah satu ruangan spesial sangat dijaga kebersihannya dan harus bebas debu. Supaya part yang dirakit benar-benar bersih dan memiliki kualitas yang jempolan hingga ke tangan konsumen. Bahkan, semua alat yang ada Selalu dilengkapi dengan sensor canggih. Sehingga, jika ada baut atau part yang terlewat, maka akan terdeteksi oleh sensor tersebut. Sehingga dipastikan semuanya akan terjamin kualitas dalam perakitannya.

Khusus di plant 5 tempat produk motorsport ini ruangannya dilengkapi dengan AC untuk meminimalisir debu. Dan pastinya, tempatnya tak kalah bersih dengan plant 4 tempat produksi motor matic. Selain perakitan Honda CBR250RR, di plant 5 ferboes juga melihat perakitan All new Honda CB150R. Entah 2 tipe ini saja atau cbr150r juga diproduksi disini, tapi kemarin saya tidak melihat adanya produksi cbr150r disana. Mungkin saya yang terlewat hehehheee 😬😬😬 

Dalam acara tersebut, juga di jelaskan mengenai pembagian dealer-dealer Honda yang terbagi menjadi 3 bagian. Yaitu Dealer Honda Big Wing, Dealer Honda Wing, dan Dealer Honda reguler. Masing-masingm dealer memiliki fasilitas dan Produk yang tak sama. Jadi begini guys….

Untuk Dealer Honda Big wing, di Indonesia ada sekitar 10 dealer Big Wing di seluruh kota besar di tanah air. Dealer Honda big wing ini menjual produk-produk big bike honda, produk premium, dan produk reguler. Nanti akan saya jelaskan dibawah mengenai perbedaan produk big bike, produk premium, dan produk reguler.

Sedangkan untuk Dealer Honda wing, menjual produk premium dan produk reguler. Nah, untuk dealer reguler hanya menjual produk-produk reguler. 

Produk big bike: motor honda diatas 500cc alias motor-motor honda yang termasuk dalam kelas Honda big bike.

Produk premium: CBR250RR, CRF250 rally, pcx 150, dan SH 150.

Produk reguler: Honda CB150R, cbr150r, sonic, megapro, motor-motor matic seperti beat, scoopy, vario, dan lain-lain.

Khusus untuk Dealer Honda big wing di sediakan mesin dyno test untuk pengecekan motor-motor hinda big bike setelah dilakukan service. Sedangkan untuk dealer honda Wing dan reguler tidak disediakan mesin dyno.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: