5 Tips Roadtrip Agar Perjalanan Aman dan Lancar

Ferboes.com – Hi guys….

Belakangan ini beberapa traveler menjadikan roadtrip atau perjalanan melalui jalur darat sebagai salah satu alternatif liburan baik bersama keluarga maupun bersama dengan komunitas. Melakukan perjalanan darat, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena tantangan yang akan dihadapi sangat berbeda.

Apalagi jika melakukan perjalanan yang cukup jauh, misalnya dari ujung pulau Jawa di bagian barat hingga ke bagian timur. Agar perjalanan darat menjadi lebih nyaman serta aman, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui berikut ini.

1. Membersihkan kendaraan Anda Siapa pun tidak akan pernah merasa nyaman jika menggunakan kendaraan yang kotor dan tidak terawat. Oleh karena itu persiapkan kebersihan kendaraan Anda dengan mencuci bagian dalam maupun bagian luar sehingga lebih nyaman untuk digunakan.
Salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah kelengkapan kenyamanan selama berada di kendaraan maupun beberapa aksesoris yang memang dibutuhkan seperti charger handphone atau hal-hal kecil lainnya seperti bantal yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

2. Memeriksa kondisi kendaraan Anda
Jangan lupa memeriksa kondisi kendaraan Anda jika akan digunakan untuk perjalanan darat dengan jarak tempuh yang sangat jauh. Ukuran jauh atau tidaknya sebuah perjalanan darat ditentukan dari lama perjalanan. Berapa pakar otomotif menyebutkan bahwa perjalanan jarak yang jauh ditempuh dalam waktu lebih dari 6 jam perjalanan. Hal tersebut seperti menempuh perjalanan dari Jakarta hingga ke Semarang Jawa Tengah tanpa melalui jalan tol.

3. Memiliki rencana perjalanan
Perjalanan darat kadang-kadang akan menemukan beberapa tantangan apalagi jika terjadi hal yang tidak diduga selama perjalanan. Paling penting dalam melakukan perjalanan darat adalah memiliki rencana perjalanan mulai dari hari pertama hingga hari terakhir. Rencana perjalanan ini biasanya juga digunakan oleh para pemudik yang menggunakan patokan hari. Menghitung durasi perjalanan dengan durasi saat berada di kampung halaman.

4. Menghindari jalan tol
Jika ingin melakukan perjalanan darat yang sangat mengesankan sebaiknya menghindari jalan tol atau jalan bebas hambatan. Karena dengan menggunakan jalan tol, ada banyak pengalaman yang kemungkinan besar akan Anda lewatkan.
Salah satu sensasi melakukan perjalanan darat adalah mencoba jalan-jalan yang belum pernah ditelusuri oleh Anda sebelumnya misalnya dengan memilih jalur alternatif meskipun tetap menggunakan panduan dari online ataupun offline map melalui smartphone Anda.

5. Memiliki rencana darurat jika terjadi masalah

Setiap melakukan rencana perjalanan Anda pun harus memiliki rencana darurat jika sewaktu-waktu kendaraan Anda mengalami masalah. Beberapa tantangan atau masalah yang bisa dihadapi di dalam perjalanan misalnya seperti aki soak ban bocor atau bahkan terhalangi oleh kondisi di perjalanan yang disebabkan faktor eksternal.
Agar perjalanan Anda lancar, Anda seharusnya memiliki rencana darurat jika masalah-masalah tersebut memang benar-benar terjadi dan harus Anda hadapi. Selain itu juga Anda harus menyiapkan nomor nomor darurat yang harus Anda hubungi untuk mengatasi masalah yang
dihadapi.

Perjalanan darat sebetulnya sangat mengasyikkan jika kondisi kendaraan juga prima sehingga faktor-faktor internal yang berkaitan dengan kondisi kendaraan bisa diminimalisasi. Untuk mengatasi hal ini sebetulnya Anda tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi, karena saat ini sudah cukup banyak sewa mobil yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan
termasuk untuk mudik pulang ke kampung halaman. Salah satu tempat penyewaan mobil terbaik yang menyediakan kendaraan yang terawat serta mendapatkan perlindungan asuransi perjalanan adalah TRAC.

Saat ini pemesanannya pun bisa dilakukan secara online dengan mudah tanpa harus datang ke kantor atau lokasi penyewaan. Bahkan jika Anda terbang ke beberapa kota tidak perlu lagi kerepotan mencari penyewaan mobil, baik yang Anda sendiri sendiri atau membutuhkan tenaga profesional sopir yang berpengalaman.
Pilih penyewaan mobil terbaik seperti TRAC untuk mendapatkan pengalaman perjalanan darat yang mengesankan tanpa masalah dan tetap aman hingga kembali bertujuan.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*