Solusi Mengatasi Air Aquarium/Kolam Yang Hijau…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Dalam memelihara ikan hias, banyak sekali permasalahan yang membuat para hobbies pusing tujuh keliling, botak sariawan, sampai rambutnya jabrik :mrgreen:
Salah satunya adalah air aquarium atau kolam yang menjadi hijau.

PENYEBAB AIR MENJADI HIJAU
Penyebab air aquarium/kolam yang menjadi hijau ada beberapa hal. Salah satu yang paling sering terjadi karena aquarium/kolam yang terkena sinar matahari secara langsung (outdoor). Sinar matahari bisa menyebabkan tumbuhnya lumut di air dengan cepat dan hasilnya, air didalam aquarium/kolam pun menjadi hijau.

Baca Juga:

image

CARA MENGATASINYA
Cara mengatasi air aquarium/kolam yang menjadi hijau ada dua cara yaitu, menggunakan obat-obatan anti lumut dan menggunakan lampu UV sterilizer.

image

Penggunaan obat-obatan anti lumut biasanya Hanya memperlambat tumbuhnya lumut. Sebagai contoh, biasanya air menghijau setelah 1 minggu, setelah memakai obat anti lumut jadi 2 minggu baru mulai hijau. Apalagi jika panas matahari sangat terik, maka air akan menjadi lebih cepat hijau kembali.
Cara yang paling efektif adalah penggunaan lampu UV sterilizer.

Baca Juga: Inspirasi Kolam Minimalis

Dipasaran ada beberapa macam lampu UV yang ditawarkan dengan berbagai macam harga dan modelnya. Mulai dari yang harga murah hingga yang mahal.
Sebagai contoh beberapa model lampu UV sterilizer yang ada dipasaran adalah lampu UV tabung dan lampu UV celup.

Lampu UV Tabung

image

Lampu UV tabung biasanya memiliki kelebihan pada kemampuan untuk menetralisir lumut dalam jumlah (volume air) yang lebih besar. Ada beberapa produk yang memiliki perbedaan yaitu antara lampu UV yang memakai bohlam TL dan bohlam PL. Biasanya lampu UV dengan bohlam PL kemampuan menetralisirnya lebih tinggi dibandingkan dengan lampu UV yang menggunakan bohlam TL.

Contoh Bohlam PL

image

image

image

Contoh Bohlam TL

image

image

image

Memang gak semua bohlam TL kurang bagus daripada bohlam PL, tergantung merk yang dipakai 😀
Saya merekomendasikan bohlam merk philips.

Baca Juga: Kolam Koi Sederhana Untuk Inspirasi

Selain itu lampu UV yang memakai bohlam PL memiliki ukuran yang jauh lebih pendek daripada yang memakai bohlam PL. Jadi lebih simple dan tidak terlalu makan tempat.

Lampu UV Celup

image

[display-posts tag=”ikan-hias” post_per_page=”10″]

Lampu UV celup adalah yang paling praktis dalam pengaplikasiannya diantara jenis lampu UV lainnya. Tinggal dicelupin kedalam bak filter dan colokin ke listrik. Namun lampu UV jenis ini kemampuan menetralisirnya tidak terlalu besar. Ukuran 40 watt hanya mampu untuk kapasitas maksimal 2000 liter air. Sebagai catatan: semakin besar watt lampunya, maka ukurannya semakin panjang. Jadi jenis lampu UV seperti ini kurang cocok untuk kolam yang besar (ukuran diatas 3000 liter)

Ada satu macam lagi lampu UV celup yang lebih komplit paketnya. Namun lampu UV seperti ini ukurannya sangat kecil, untuk ukuran maksimal 400 liter. Hanya cocok untuk aquarium saja.

[display-posts tag=”makanan-ikan” post_per_page=”10″]

image

Lampu UV celup diatas (lihat gambar) sudah dilengkapi dengan power head (pompa air) untuk membantu sirkulasi airnya.

Baca Juga: Kolam Koi Minimalis Dengan Air Terjun Yang Manis

Untuk harga pasaran lampu UV, anda bisa mendatangi toko-toko ikan hias dikota anda.
Semoga sedikit ulasan saya diatas bisa membantu anda untuk mengatasi air aquarium/kolam yang menghijau.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

[display-posts tag=”ikan-koi” post_per_page=”10″]

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
My Blog: www.ferboes.com
http://saiisoku.wordpress.com
http://lapakferboes.wordpress.com

[display-posts tag=”kolam-ikan” post_per_page=”10″]

44 Comments

  1. Tapi dulu ada lho yg melihara ikan koki dengan green water, konon lumut di air merupakan pakan ikan juga dan air yg udah kehijauan jadi indikator air, bila terdapat penyakit yg terkandung di air maka warna green water tidak lagi hijau, fungsi lainya adalah menyerap dan mengurangi kadar ammonia dan Co2

    • Nah… ini akan dibahas diartikel terpisah 🙂
      Hehehehe… lumut=spirulina dan bisa membuat warna ikan jadi tampak cerah, tapi gaj sembarangan lumut 😀
      Nanti kalo ada yang salah tolong dikoreksi ya masbro 🙂

  2. PT Banyutek Nusantara menyediakan berbagai macam layanan dan produk untuk mengatasi permasalahan air baik itu air baku, air proses maupun air industri, baik untuk kalangan perumahan, komersial maupun industri, mulai dari penyediaan peralatan dan perlengkapan, analisa, rancangan sistem, kontraktor, dan pabrikasi – http://www.banyutek-nusantara.com

  3. Mas untuk kolam lebih kurang 500 liter air pake lampu uv nya berapa watt….so berapa harganya nyampe ke palembang…trimss..

  4. Apakah bapak bisa kasi saya model yg benar2 cocok untuk Autdoor Aquarium saya ? dan dimana bisa saya pesan . Saya tinggal di Denpasar , Bali

  5. PT Tirtapure Envirotek adalah perusahaan nasional yang berkiprah dalam industri pengolahan air bersih dan air limbah sebagai kontraktor dan penyedia peralatan. Dengan dukungan tenaga ahli serta berpengalaman dalam bidang water treatment, PT Tirtapure Envirotek mampu memberikan pelayanan perencanaan, pengadaan dan instalasi Water Treatment Plant (WTP) dan ataupun Waste Water Treatment Plant (WWTP)

  6. Bagaimana kalau lampu uv c dipasang didalam kolamnya bukan di filter… apakah bisa mempercepat hilangnya warna hijau… atau malah sebaliknya merusak ikan…

    • Kalau lamu uv model tabung gak bia di rendam. Sedangkan yang uv model celup sinarnya gak bagus untuk mata. Takutnya merusak mata ikan juga

  7. Hallo mas brow/mbk sist..
    mau tanya.akuarium di rumah saya airnya cepat sekali berubah hijau.padahal sudah memakai lampu steril..hanya dalam waktu 3 hari airnya sangat keruh.
    bagaimana cara mengatasinya..terima kasih

1 Trackback / Pingback

  1. Discus Red Melon: This Is Absolutely Red…!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*