Iklan
jump to navigation

Cara Membesarkan Ikan Koki November 12, 2014

Posted by Ferboes in Ikan Mas Koki, Tips and Trick.
Tags: , , , , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Banyak orang bertanya-tanya kepada saya saat ngobrol ringan di toko tentang Bagaimana Cara Membesarkan Ikan Koki. Sebenarnya seberapa besar ikan koki dapat bertumbuh itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah…
– Tempat Pembesaran
– Jumlah Ikan
– Nutrisi Pakan
– Jenis Ikan Koki Tersebut

Mari kita bahas satu persatu…
Pertama-tama adalah Tempat Pembesaran Ikan Koki.
Kebanyakan orang memelihara ikan koki memakai media aquarium. Sudah pasti alasannya karena ikan koki lebih pas kalo dilihat dari samping (side view) meskipun ada beberapa jenis ikan koki yang lebih bagus jika dilihat dari atas (top view). Baca Juga: Jenis Ikan Koki Top View.
Dalam memilih aquarium kita juga haris memperhatikannya. Jika anda ingin membesarkan ikan koki, minimal ukuran aquarium yang harus disediakan adalah berukuran panjang 100cm, lebar 50cm, tinggi 50-60 cm. Jika anda memelihara ikan koki di aquarium kecil, pastinya pertumbuhannya tidak bisa maksimal.

image

image

image

image

Ikan Koki di Bak Fiber

image

image

Selain didalam aquarium, anda juga bisa memeliharanya didalam bak fiber yang berukuran minimal seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Atau kalo bisa lebih besar lagi ukurannya 😀 supaya ikan koki yang anda pelihara memiliki ruang gerak yang cukup agar pertumbuhannya maksimal.

Jumlah Ikan
Dalam satu tempat pembesaran, batasi jumlah ikan yang anda besarkan. Usahakan jangan terlalu banyak supaya masing-masing ikan memiliki ruang gerak yang cukup lega. Misalnya, aquarium 100*50*50 cukup diisi 4-5 ekor saja. Kalo  bisa cukup 1 atau 2 ekor saja :mrgreen: Baca Juga: Tips Pemeliharaan Ikan Koki.

image

image

Nutrisi Pakan
Untuk urusan makanannya, biasanya pemberian cacing sutra sangat bagus untuk pertumbuhan anakan ikan koki. Selain itu bisa juga diberikan makanan growth pellet dan cacing beku (bloodworm). Pemberian pakan sesering mungkin dengan takaran yang sesuai. Karena jika kebanyakan makan, ikan koki mudah terserang penyakit pada kantong renangnya (swimbladder) yang bisa menyebabkan ikan menjadi terbalik dan tidak bisa berenang dengan normal. Baca Juga: Makanan Ikan Koki Yang Bagus.

image

image

Jenis Ikan

image

Pemilihan jenis ikan juga berpengaruh lho… hikan anda ingin jenis yang bisa tumbuh besar, pilihlah jenis ikan koki jumbo. Jenis ini biasanya memiliki bentuk badan yang cenderung lebih panjang. Jika anda memilih jenis yang short body, ikan tidak bisa tumbuh besar seperti halnya jenis ikan koki jumbo. Jenis short  body cenderung memiliki bentuk badan yang membulat. Baca Juga: Jenis-jenis Ikan Koki.

image

Selain beberapa hal diatas, perhatikan juga pola makan dan kualitas air. Ikan koki termasuk ikan yang mudah dipelihara, hanya saja butuh ketelatenan dan kesabaran. Oh ya…. memelihara ikan koki juga harus rajin ya… rajin ganti air dan rajin cuci media filter. Tahu sendiri bagaimana kotoran ikan ini…. belum lagi lendir tubuhnya memang sedikit lebih banyak daripada ikan hias yang lain. Tapi ikan koki termasuk ikan yang gak ngebosenin.

image

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
My Blog’s: http://ferboes.com
http://saiisoku.wordpress.com

Baca juga yang berikut ini guys…




Iklan

Komentar»

1. aripitstop - November 12, 2014

beli ach

2. dave - November 12, 2014

paling ga bisa piara ini ikan,, mati mulu,, ga gede2,,
malah jadi bosen kalo saya c,,

3. orong-orong - November 12, 2014
4. travelmotoblog - November 12, 2014

ane waktu kecil sering pelihara ikan koki, tapi gampang bgt mati.. soalnya asal pelihara aja sih, gak ngerti cara2nya. -______-
————–
http://travelmotoblog.wordpress.com/2014/11/12/telaaat-test-ride-cbr150r-cbu-thai/

Ferboes.com - November 12, 2014

Ayo coba lagi 😀

5. ardiantoyugo - November 12, 2014
Ferboes.com - November 12, 2014

Koi jozz

6. andhi_125 - November 12, 2014

di rumah dah sekepalan tangan gedenya, lumayan awet 2 ekor di akuarium 80cm..dulu mbeli masih anakan…lumayan lama gedenya sih

Ferboes.com - November 12, 2014

Kalo gak terlalu sesak biasanya lebih awet. Dirumah mertua juga ada udah 2 tahun lebih cuma diisi 2 ekor diaquarium 50*15*35cm :mrgreen:

andhi_125 - November 12, 2014

itu gara-gara seekor mati kang..kayaknya, takdir akuarium saia cuma max 3 ekor, kalo ditambah pasti ada korban 😆

Ferboes.com - November 12, 2014

Ya sudah, kalo.mau nambah ikan, nambah aquarium dulu 😀

7. Hermawan - MivecBlog.com - November 12, 2014
8. Bonsai Biker - November 12, 2014
9. abu.hafsh - November 12, 2014

Om, blm lama ane maen ke t4 petani ikan. Beliau punya beberapa kolam. Jg bnyk yg dibudidayakan. Tp yg ane tertarik kultur daphnia (kutu air), cacing sutra & budidaya sidat. Bikin artikelnya dunk om, buat nambah referensi, lumayan kan klo bisa bikin pakan alami sendiri. Klo sidat ane tertariknya harganya om.. Bibitnya aja ktnya 2jt per kg. Klo bisa mijahin sendiri kan oke bngt tuh. Mbok om ferboes pny relasi yg pernah mijahin sidat bisa dibagi tuh ilmunya di mari hehe..

Ferboes.com - November 12, 2014

Wah… saya gak paham tentang pembudidayaan masbro. Kaianya harus belajar dulu nih sama ahlinya. Siapa ya? 😦
Gak ada kenalan nih masbro 😦

10. Tips Agar Ikan Koki Selalu Lincah…!!! | Ferboes.com - November 28, 2014

[…] Lakukan penggantian air sesering mungkin agar air didalam tank selalu segar dan fresh. Maksudnya sesering mungkin adalah setiap 2 atau 3 hari kuras aquarium sebanyak 50%. Atau seperti yang saya lakukan setiap hari dirumah adalah mengganti air aquarium saya 1/3 bagian setiap harinya. Ini dimaksudkan agar supaya kualitas air tidak rusak karena amonia dari tubuh dan kotoran ikan koki tersebut. Baca Juga: Cara Membesarkan Ikan Koki […]

11. Giant Oranda: Ikan Koki Bisa Sebesar Ini… | Ferboes.com - Desember 1, 2014

[…] koki, ada beberapa faktor yang berpengaruh. Anda bisa membaca tips-tips cara membesarkan ikan koki klik disini. Berikut ini adalah beberapa foto dari ukuran ikan koki Oranda Super Jumbo yang saya ambil di diary […]

12. Warna – Warni Ikan Koki | Ferboes.com - Desember 16, 2014

[…] cara memelihara ikan koki yang baik dan benar. Diantaranya sudah pernah saya tulis disini dan disini. Ternyata ikan koki ini termasuk jenis ikan yang mudah untuk dipelihara, namun ‘sedikit […]

13. Ikan Sapu-sapu Jangan Dicampur Ikan Koki… | Ferboes.com - Mei 9, 2015

[…] • Cara membesarkan ikan koki […]

14. vinsen - Mei 21, 2015

Aku punya ikan koki oranda aku gabungin sama ikan bandeng kecil kalau mati lampu tibggal kurangin air nya kan

Ferboes - Mei 21, 2015

Iya… tapi ikan bandengnya bisa bahaya buat ikan kokinya

15. vinsen - Mei 21, 2015

Ikan aku digabung sama bandeng kecil gpp kan

Ferboes - Mei 21, 2015

Bahaya buat ikan koki nya

16. Perawatan Dan Pemeliharaan Ikan Koki Untuk Pemula… | Ferboes.com - Mei 30, 2015

[…] Tips pemeliharaan ikan mas koki ● Cara membesarkan ikan mas koki ● Tips agar ikan koki selalu lincah Dan beberapa artikel terkain lainnya. Dan berikut ini […]

17. hasan darmawan - Agustus 4, 2015

kalo akuarium tingginya 24cm,lebarnya 30cm bisa muat berapa ikanya?

18. madex - Oktober 9, 2015

Om ikan koki bisa di pijahkan/di kawin kan sama ikan komet gak?

19. Review: Pellet Konishi Growth Size XS (1mm) Untuk Ikan Koki | Ferboes.com - Oktober 14, 2015

[…] sebulan ini menggunakan pellet Konishi ini, ikan aman-aman saja meskipun cara pemberian pakan yang saya lakukan cukup sering. Sekitar 8-10 kali dalam sehari guys. Ikan doyan sekali, namun resikonya ya air di […]

20. 6 Bulan Tumbuh Menjadi 17,5 cm Dari Burayak (oranda) | Ferboes.com - Oktober 31, 2015

[…] caranya agar supaya ikan bisa tumbuh dengan cepat…??? Sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya, jika anda terlewatkan, silahkan klik disini untuk membacanya […]

21. Rhin - November 17, 2015

Om, aquarium ku ukuran 60x30x30 isi koki mutiara 5, oranda 3, ranchu 2, komet 1 :)) masih kecil sih.. Cuma kalo mau ngurangi ikan, kok udah trlanjur sayang 😥 tambah aquarium gak ada tempat..

Ferboes - November 17, 2015

Wah… Over banget itu. Bisa hidup tapi pertumbuhannya gak maksimal

22. Rhin - November 18, 2015

Gitu ya, om.. Ntar sbagian diungsikan ke kolam sodara aja T_T
oya, rajin membersihkan media filter itu trmasuk aquarium kah? Kata yg jual ikan, gak boleh dikuras. Tapi karna posisi aquarium di halaman, cepat kotor dan lumut coklat, biasanya aku kuras airnya ke bak beserta ikan, aquarium aku cuci bersih+pompa nya, trus aku kembalikan air+ikan td. Aku tambah air dr kran. Sminggu skali, dan sdh 5x ini, ikan baik2 saja. Gmn, om?

Ferboes - November 18, 2015

Sekalian ganti air gak masalah. Oh ya, ikan koki mutiaranya jangan di campur, biasanya nanti sisik2nya habis di gigitin ikan yang lain

ADAM RIZKY MAULANA - Agustus 19, 2016

bro makanan yang proteinnya bagus dan buat bagusin warna apa ya namanya? terima kasih

Ferboes - Agustus 21, 2016

Pakai produk hikari aja

23. Ikan Koki | yuliasundari - Desember 10, 2015
24. Ikan Belida Bangkok: Unik Karena Totol Di Tubuhnya…!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Cara membesarkan ikan koki […]

25. INSPIRASI: Kolam minimalis…..!!!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Cara membesarkan ikan koki […]

26. Arwana Pino Yang Dikenal Dengan Sebutan Green Arowana | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Cara membesarkan ikan koki […]

27. Ikan Neon: Orang Bilang Ikan Yang Ada Lampunya…!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Cara membesarkan ikan koki […]

28. Louhan bonsai…….. boleh juga nih…..!!!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Cara membesarkan ikan koki […]

29. Arwana Super Red Platinum Rp.368juta Masih Dibilang Murah…??? | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Cara membesarkan ikan koki […]

30. Kamar Tidur Didalam Air… Keren Nih | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Cara membesarkan ikan koki […]

31. Foto-foto Ikan Arwana Antik & Unik 2015 | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Cara membesarkan ikan koki […]

32. Ikan Transparan Itu Namanya GLASS EEL…!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Cara membesarkan ikan koki […]

33. Kolam Ikan Koi diDalam Rumah…!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Cara membesarkan ikan koki […]

34. Siapa Sangka Ikan koki Oranda Bisa Sebesar Ini… | Goldfish-Union.com - Maret 26, 2016

[…] • Tips cara membesarkan ikan koki […]

35. ADAM RIZKY MAULANA - Agustus 25, 2016

susah sekali bro cari hikari, bantu tolong info dong ada kontak yang menjual pakan hikari. terima kasih

Ferboes - Agustus 26, 2016

Ada gan… Saya juga jual
087777677910

Adam rizky maulana - Agustus 26, 2016

Sudah saya sms ya dan wa juga bro


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: