Ikan Transparan: Barreleye Kepalanya Tembus Pandang…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Kali ini kita bahas ikan yang unik lagi brosis, ikan ini termasuk ikan transparan, namun tidak semua bagian tubuhnya tembus pandang seperti ikan Glass Eel dan ikan Glass Catfish.
Ikan Barreleye adalah salah satu kreasi alam terbaik. Begitu melihat ikan ini, anda pasti akan mengira bahwa ikan barreleye seperti makhluk luar biasa yang mungkin terlihat seperti di beberapa penciptaan aneh untuk sebuah film sci-fi Hollywood. Ikan ini memiliki kepala berbentuk kubah transparan. Ikan ini memiliki mata berbentuk tabung yang sangat sensitif dan ditutupi oleh perisai cairan hijau yang membantu mereka menemukan mangsa overhead bahkan di kedalaman laut yang gelap gulita. Dua buah organ penciuman (mirip dengan hidung manusia) terletak di atas mulut mereka, bahkan banyak orang yang sering keliru dan menganggapnya sebagai mata mereka, oh ya… Tampang ikan ini seperti orang yang lagi galau dan sedih :mrgreen:
Mata silinder mereka yang tertanam di dalam kepala transparan menghadap ke atas. Mereka memiliki mulut kecil dengan moncong runcing. Sirip memanjang dan datar yang dapat memungkinkan mereka untuk mengapung. Ikan Barreleye memiliki organ cahaya di sepanjang tubuh mereka.

image
Organ penciumannya terlihat seperti mata... ūüėÄ

Ikan Barreleye ditemukan oleh ahli biologi kelautan, Chapman pada tahun 1939. Sebelumnya, ketika ikan Barreleye tertangkap, struktur kepalanya yang rapuh tersebut hancur saat mereka membawanya ke permukaan. Namun dengan munculnya teknologi canggih, spesimen hidup dan fitur kepala transparan dari ikan ini dapat ditangkap oleh para peneliti dengan kamera khusus. Peneliti bernama Robinson dan Reisenbichler kemudian mengamati dan memfilmkan ikan Barreleye seolah-olah seperti hidup di habitat alami mereka, dan dipelihara di dalam aquarium untuk dipelajari lebih banyak lagi.

image

Ikan ini memang sangat antik dan langka. Habitatnya dikedalaman laut yang sangat gelap brosis. Berikut klasifikasi ikan Barreley:
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Argentiniformes
Family: Opisthoproctidae

Nah… Bagaimana brosis…??? Ikan unik ini sangat mengesankan bukan…??? Kalau penasaran, brosis bisa searching videonya di Youtube. Maaf saya belum bisa memasukkan video didalam artikel nih… ūüôĀ

[display-posts tag=”arwana, ikan aneh, ikan transparan, ikan unik, ikan langka, lelucon, kisah inspiratif, ikan laut” post_per_page=”5″]

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson.
Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Whatsapp: +628568847750

1 Trackback / Pingback

  1. Ikan Irwini: Bukan Kembarannya Arwana Lho Guys…. | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*