Iklan
jump to navigation

Cara Merawat Telur dan Burayak Ikan Koki Mei 11, 2015

Posted by Ferboes in Ikan Mas Koki.
Tags: , , , , , , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hi guys..!!!
Mungkin diantara pernah mengalami kejadian yang pernah saya alami juga seperti yang pernah saya tulis sebelumnya mengenai ikan koki peliharaan saya yang bertelur. Bagi anda yang pertama kali mengalaminya mungkin bingung bagaimana cara merawat telur-telur ikan koki tersebut.

Ikan peliharaan ferboes ternyata seperti ini

Saya ingin berbagi pengalaman saya tentang bagaimana cara merawat telur dan burayak ikan koki tersebut.

image

Air terjun didalam aquarium karya pembaca Ferboes.com

Pada saat ikan anda bertelur… segera pisahkan induk ikan dan ikan lainnya. Biarkan sang telur-telur tersebut didalam aquarium,  jangan mencoba untuk memindahkan telur-telurnya karena nanti bisa merusak telur tersebut. Jika aquarium anda cukup besar.. kurangi ketinggian airnya hingga sekitar 15 – 20cm saja. Berikan suplai oksigen dengan aerator kecil. Tidak perlu kencang-kencang tendangan anginnya. Telur-telur tersebut biasanya akan segera menetas dalam jangka waktu 3 – 5 hari kemudian.

Tips pemeliharaan ikan koki

image

Ikan hias bisa memberikan perasaan damai

Setelah telur menetas dan menjadi burayak… anda tidak perlu memberikan makan terlebih dahulu hingga berumur -/+ 1 minggu setelah menetas. Biasanya burayak-burayak tersebut masih memiliki cadangan makanan dalam bekas telurnya. Setelah usia 1 minggu… anda bisa memberikan pakan berupa pellet yang di haluskan. Atau anda bisa mencari kutu air. Selain itu anda juga bisa memberikan pakan berupa artemia. Namun bagi anda yang hanya hobbies biasa.. maksud saya disini bukan peternak lho ya… karena para peternak jelas sudah lebih tahu apa yang harus dilakukan daripada yang saya ketahui.

Ikan arwana mati saat dijual

image

Ikan koki kontes di Bandung

Pemberian pakan berupa pellet yang digerus halus bisa membantu sang burayak untuk memenuhi kebutuhan isi perutnya dalam masa pertumbuhannya.
Mungkin sampai usia 4 minggu burayak bisa memakan pellet halus yang anda berikan. Setelah burayak berukuran lebih besar -/+ 1 – 1,5cm… anda bisa mencoba memberikan pakan berupa cacing sutra maupun cacing beku. Sebulam lali saya juga mendapatkan 2 ekor burayak ikan koki usia 4 – 5 minggu… kemudian saya berikan pakan berupa cacing beku hingga sekarang.

Mutasi warna pada ikan koki

image

Usia 5 mingguan

Ikan arwana unik: No tail dan super cakil

image

Setelah 4 minggu saya pelihara

Ikan arwana Black silver yang hilang…

Setelah usia 2 bulan.. anakan ikan tersebut bisa memakan pellet-pellet halus dan cacing beku. Cacing sutra juga bagus untuk pertumbuhannya.

Yups.. itulah sedikit pengalaman saya dalam merawat telur dan burayak ikan koki guys… meskipun akhirnya anakan ikan koki saya mati semua karena ditinggal pulang kampung selama 2 hari 😦

Acipenser… ikan ini tampangnya sangar tapi ramah

image

All about ikan koki Ranchu

“Kalau ada yang salah tolong dibenarkan, dan jika ada yang kurang mohon di tambahkan”

Sekian sekilas info, Semoga berguna.

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

Iklan

Komentar»

1. macantua.com - Mei 11, 2015
2. warungasep - Mei 11, 2015
3. dave - Mei 11, 2015

wuih,, pengalaman ya?
gmn kalo yg pake filter gt ya?
takut nya telor koki nya kesedot dong?

Ferboes - Mei 11, 2015

Jangan pake filter powerhead… kalo dah netas pakai filter sponge breeding

dave - Mei 11, 2015

bukan,, maksud nya pas pertama kali indukan nya bertelur,,
kan kita gatau,, tau2 betelur,,
eh telur nya dah kesedot d..

Ferboes - Mei 11, 2015

Kalo udah kesedot ya biarin aja

dave - Mei 11, 2015

pada mati dong ya?
apalagi terus kesaring sama kapas saringan,,
lagi cobain ikan yg ekor nya ky pedang gt,,
katanya kan gampang betelor tuh,,
tapi gatau c kapan mo betelur nya,, -_-a

Ferboes - Mei 11, 2015

Platis gampang beranak, kalo lahir langsung jadi anakan

4. orong-orong - Mei 11, 2015
Ferboes - Mei 11, 2015

Siiippp

5. Gagal Dibuahi, Telur-telur Ikanku Tidak Menetas…!!! | Ferboes.com - Januari 5, 2016

[…] Cara merawat telur ikan mas koki tidaklah terlalu sulit. Setelah telur-telurnya keluar, biasanya air didalam aquarium akan menjadi […]

6. Burayak Ikan Kokiku Laku juga…. | Ferboes.com - Januari 14, 2016

[…] Hi guys…!!! Tak disangka, ternyata banyak hobbies ikan koki yang berminat untuk memelihara burayak ikan koki yang menetas sebulan lalu. Saya memang sengaja menjual sebagian besar burayak (anak ikan) ikan koki […]

7. Makanan Burayak Yang Paling Bagus Untuk Pertumbuhan | Ferboes.com - Januari 25, 2016

[…] Cara merawat telur dan burayak ikan koki • 6 bulan tumbuh menjadi 17,5cm dari burayak • Foto burayak ikan koki usia 1 hari • Burayak […]

8. Cristina Lim - Agustus 30, 2016

kok kejadiannya sama ya kek ikan gw

9. J.Na Kim - September 9, 2016

Aku ikan mas kokinya bru bertelur kmrn.. niatnya mau ganti air, eh pas nyopot mesin, ada kyk buletan” banyak.. ternyata pas di cek ke dasar akuarium, trnyata telurrr …

Ferboes - September 9, 2016

Kalau masih bening2 dibiarin aja nanti netas sendiri. Jangan lupa induknya dipisahin semua

J.Na Kim - September 9, 2016

Netesnya berpa hri??? Indukan betina sama jantan bisa debadain dr bentuk ekornya ga ?? misal kalo ekor bagian atas nya rapet, atau ekor ekor bagian atasnya kyk membelah itu bisa ga??

Ferboes - September 9, 2016

Biasanya 3-7 hari udah netas. Untuk beda jantan/betina udah pernah saya bahas di artikel terpisah. Bisa di search di pencarian


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: